BONSAI SENTIGI

Posted by bysikka4u on Rabu, 29 April 2009 |


Sentigi merupakan jenis tanaman yang saat ini paling diincar para pemburu hobbis, bonsai. Karena mempunyao harga jual yang sangat mahal. Pasalnya tanamani ini menjadi bonsai terindah karena memiliki daun yang kecil, berbatang keras dan memiliki keindahan tersendiri untuk di jadikan bonsai. Di Wilayah Jawa dan Bali harga bonsai sangat mahal, bahkan ada para penggila bonsai mampu membelinya dengan harga yang sebanding dengan harga mobil mewah yang ada.
Di Kabupaten Sikka tanaman ini senantiasa hidup di lingkungan yang kering dan benar – benar ekstrim. Seperti menempel di batu karang, di pasir tanah yang kering dan selalu tersengat panas matahari.
Sentigi di Sikka ada dua jenis, berbatang putih dan coklat kehitaman. Namun dua jenis sentigi ini memiliki kemiripan pada daun, cara dan lingkungan dimana dia harus hidup.
Pemana, sebuah pulau yang ada di Gugusan Pulau Teluk Maumere merupakan surga sentigi. Pasalnya di wilayah pantai pulau ini sentigi tumbuh subur dan eloknya di atas karang dan pasir. Namun sentigi diwilayah ini sangat dilindungi masyarakat karena bagi Pemana sentigi merupakan benteng pertahanan dari serangan gelombang laut dan tsunamai. Tak hanya di Pemana, sentigi juga tumbuh di wilayah pesisir pantai utara Kabupaten Sikka.
Bagi pelaut yang ada di Sikka, sentigi merupakan tanaman yang memiliki magic. Karena mampu mengusir hantu laut maupun roh jahat lainnya yang ada di laut. Sehingga tidak heran jika tanaman keras ini senantiasa di bawa para pelaut saat melaut, sebagai Palu Sentigi.
“ ketika hantu laut datang, kita hanya berteriak palu sentigi, palu sentigi, palu sentigi, palu sentigi. Setan itu pun pasti hilang” cerita para pelaut di Pemana.
Selain sebagai palu pengusir setan, sentigi juga diincara kalangan atas sebagai penjaga rumah, tongkat, manik – manik maupun arca dan hiasan lainnya yang mampu menarik minat kolektor, yang akan menjadikan sentigi sebagai penjaga rumah.***