BONSAI ASAM

Posted by bysikka4u on Selasa, 28 April 2009 |


Asam merupakan jenis tanaman yang juga memiliki keunikan. Asam dalam bahasa daerah pada umumnya di Kabupaten Sikka disebut dengan Mage. Yang juga berarti sama seperti rasa yang tersimpan pada buah asam.

Jenis tanaman ini adalah jenis tanaman yang juga bernilai ekonomi, yang oleh para indutriawan dijadikan produk kosmetik, bumbu rasa maupun produk lainnya.

Dari cerita orang tua, asam merupakan jenis tanaman yang pernah dibawah para penjajah Belanda dari Pulau Jawa. Namun sesampainya di Kabupaten Sikka, ternyata asam banyak tumbuh lair di Sikka. Dan jenis tanaman ini dimanfaatkan warga kala itu untuk bumbu masakan.

Asam lokal di Kabupaten Sikka mampu bertahan hidup dimana saja. Ciri tanaman ini berdaun kecil yang tumbuh pada tangkainya yang terdapat pada ranting dan dahan, daunnya yang juga terasa asam bila dimakan.

Buah asam berwarna coklat, isi dagingnya berwarna coklat hitam dan berbentuk seperti pasta. Biji dalam buahnya berwarna hitam.

Asam dialam bebas tingginya bisa mencapai puluhan, bentuk batangnya tergantung pada arah pertumbuhannya. Berwarna coklat kehitaman sehingga terkesan tua dan pada kulitnya terlihat pecah – pecah atau retak.

Sehingga juga memiliki keunikan yang luar bisa jika dijadikan bonsai. Atau tanaman kerdil yang ada dalam pot sesuai ukuran tinggi dan diameter bakalan bonsai.***