ARTIKEL

Posted by bysikka4u on Selasa, 07 April 2009 |


BERINGIN, DARI LONTAR KE POT

Di Maumere, kalo kita mau mencari beringin untuk dijadikan bakalan bonsai. Tidaklah susah. Gampang, asal punya nyali untuk mendapatkannya. Karena di Maumere, beringin pada umumnya menempel di pohon koli, alias lontar. Koli adalah sejenis tumbuhan penghasil minuman keras tradisional (miras lokal yang juga minuman adat).

Asal punya nyali untuk manjat ambil, kita sudah bisa mendapatkan beringin sebagai bakalan bonsai. Biasanya, bakalan bonsai beringin yang menempel telah cukup berusia, memiliki bentuk yang unik dan gampang untuk dipelihara karena telah terbiasa hidup diatas pohon koli yang jauh dari air dan sedikit kandungan unsur haranya.

Kita juga harus berhati – hati saat mengambil bakalan bonsai beringin dari atas pohon lontar, karena tanaman ini juga merupakan rumah bagi kalajengking, tokek, kadal bahkan ular. Namun pada pohon lontar yang telah dijadikan sebagai tempat mengambil bahan baku untuk pembuatan minuman keras, tentunya jauh dari hewan tersebut di atas.

Para pemilik lontar malah senang. Karena pohon yang menjadi sumber ekonominya di bersihkan para pemburu bonsai dariberingin. Karena bagi para peramu minuman keras, beringin termasuk tanaman pengganggu. Kalo sudah makin besar, akarnya dengan kuat dan kokoh mengenggam batang lontar. Dan lambat laun lontar yang ada bisa saja mati.

Bakalan bonsai beringin yang diperoleh selanjutnya akan ditanaman dalam pot atau dibiarkan ditanam di atas tanah maupun pasir. Sampai mendapatkan pot yang sesuai baru dipindahkan ke pot tersebut.

Di Kabupaten Sikka, terdapat beraneka ragam jenis beringin lokal. Dan kesemuanya bisa dijadikan bonsai, menanam beringin lebih mudah dari pada jenis tanaman bonsai lainnya. Perawatannya pun tidak terlalu sulit, lebih mudah dari merawat bonsai lokal lainnya.

Untuk menanam bakalan bonsai beringin, penulis biasanya menggunakan media tanam dari pasir, humus/kompos/ pupuk kandang dan tanah, dengan perbandingan 1:1:1. Pengalaman penulis, media ini lebih memberikan percepatan pertumbuhan bakalan bonsai beringin, apalagi jika bonsai tersebut ditaruh di tempat yang lembab atau teduh_***(johnoriwis)