BONSAI PANDAN BALI

Posted by bysikka4u on Minggu, 10 Mei 2009 |


Di Kabupaten Sikka pandan bali di kenal dengan sebutan pandan hutan. Tanaman ini pada umumnya tumbuh di daerah yang berbatu, tinggi dan jauh dari laut. Dalam bahasa daerah, pandan hutan ini dinamakan Ruh atau Roh. Oleh masyarakat setempat, daun pandan hutan ini menghasilkan beberapa karya kerajinan tangan. Antara lain tikar / alas tidur.
Tanaman ini kini termasuk langka di Kabupaten Sikka. hidup di tempat yang ekstrim yang ada di wilayah Kecamatan Bola, Kecamatan Doreng dan Kecamatan Mapitara.
Tinggi padan bali, terendahnya : 1 m dan tertingginya bisa mencapai 6 meter. Keuntungan lain dari menanam pandan bali, Anda tak perlu repot merawatnya. Oleh karena habitat aslinya di hutan, sudah pasti tanaman ini termasuk jenis yang mudah dirawat, tahan cuaca, dan gampang didapat.
Media tanam yang baik adalah tanah gembur, baik di dalam pot maupun tanah. Jika ingin menanamnya di dalam pot, pilih pot berdiameter sedang, sehingga ketika tanaman bertambah tinggi dan tajuknya makin membesar, ukuran pot dengan tanaman akan tampak seimbang.
Pemangkasan pun hanya perlu dilakukan dengan cara membuang daun-daun di bagian bawahnya saja agar tumbuh daun baru pada pucuknya. Penyiraman cukup 1 kali sehari dengan pemberian pupuk NPK 1-3 bulan sekali. Pandan bali juga menyukai panas yang cukup.
Jadi, tunggu apa lagi? Hanya dengan menanam 1 pandan bali saja, tampilan halaman depan rumah sudah berubah menjadi cantik dan asri.

INFO LAIN PANDAN BALI
Nama latin : Pandanus tectona
Bentuk daun : memanjang dan menyerupai pedang, menjuntai, ¬berwarna ¬hijau tua
Batang : berkayu
Pemeliharaan : penyiraman 1 kali sehari, cahaya sedang, tahan di segala cuaca dan iklim,pemupukan 1-3 bulan sekali (NPK), Pemangkasan dengan cara membuang daun di ¬bagian bawah
Perbanyakan : stek batang atau biji
Fungsi : focal point, buffer, filter polusi dan debu, estetika, tanaman hias dalam pot di dalam dan luar ruang_***(dariberbagaisumber)