BONSAI HOKIAN TEA

Posted by bysikka4u on Minggu, 10 Mei 2009 |


Hokian Tea, jenis tanaman ini juga tumbuh banyak dihutan dan pinggiran kali di Maumere. Orang Maumere, bilang ini tanaman Teh hutan. Ceritanya ini tanaman Tentara Jepang yang bawa ke Maumere dulu waktu mereka datang jajah Indonesia. Biar mereka kala tapi ada teh hutan untuk Maumere.
Teh Hutan, daunnya kecil. Waktu masih baru tumbuh daun warna hijau terang, makin lama makin tua sebelum kuning, dia punya warna hijau gelap dan tampak mengkilap. Bagus sekali kalo ini tanaman kita bikin bonsai.
Teh hutan ini memiliki buah, yang ukurannya lebih besar sedikit dari merica. Berwarna hijau dan kalo sudah matang berwarna kuning kemerahan. Tanaman ini termasuk langka di Kabupaten Sikka, dan biasanya dijadikan tanaman pagar pada halaman rumah.
Tanaman ini senang dijemur sertus persen dibawah matahari, akan tampak layu jika kekurangan air. Daunnya akan mengecil jika terus dipangkas dan mudah ditata mengikuti aluran lekukan yang dibentuk menggunakan kawat. Senang hidup ditempat yang ekstrim.
Sedangkan batangnya berwarna putih tua, keras dan punya kesan unik. Batang dan rantingnya mudah untuk kita bentuk, dia pasti ikut arah lilitan kawat kemana arah kita mau. Mereka di Jawa bilang ini tanaman harganya cukup mahal, apa lagi kalo sudah jadi bonsai.
Di Maumere, harga bonsai belum banyak yang mengerti…. ***