Ulat Binatang Pemakan Daun Bonsai

Posted by bysikka4u on Rabu, 11 November 2009 |


Selain hewan pengganggu seperti ayam, anjing, kucing dan ternak piaraan lainnya, bonsai juga harus terhindar dari berbagai jenis hama, antara lain kutu putih. Tak hanya itu, belalang dan ulat menjadi musuh utama para pebonsai, karena dua jenis hewan ini merupakan tipe binatang pemakan daun.

Akibatnya, daun tanaman bonsai yang selama ini diupayakan para hobiis untuk tetap hijau. Dalam sekejap habis dimakan, apalagi dua binatang ini dibiarkan berlama - lama ditanaman bonsai. Padahal sala satu sisi indahnya bonsai terletak pada daun, tanpa daun yang sempurna apresiasi orang terhadap bonsai pun tentunya buruk.

Untuk menghindari kerusakan daun ........ para hobiis bonsai disarankan untuk terus memantau dan mengamati setiap tanaman bonsai. Pengamatan ini bisa dilakukan pada saat menyiram, mereporting maupun pada saat sedang santai menikmati tanaman bonsai.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah melakukan penyemprotan tanaman secara rutin dengan obat pembasmi serangga. Namun cara ini sebaiknya dilakukan sesuai aturan can tatacara penggunaan yang ada dalam kemasan botol. ( john oriwis )
.